Zenzai *Japanese Dish*

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

  • 250 gram kacang merah (azuki). Kacang jenis lain juga bisa dipakai kalau tidak ada kacang merah.
  • 150 gram gula
  • 1/2 sendok teh (2,5 gram) garam
  • 2 potong mochi (sejenis kue dari beras yang di ulen)

   

Cara Memasak

  1. Cuci kacang merah, masukkan dalam panci lalu tuang air secukupnya hingga kacang merah tadi terendam. Masak dengan api sedang hingga mendidih, lalu tiriskan. Ini dilakukan agar buih dari rebusan tadi ikut terbuang.
  2. Masukkan kembali kacang merah tadi ke panci, tambahkan 5 cangkir air dan masak dengan api sedang.
  3. Setelah mendidih, kecilkan api. Tutupi panci dengan pelapis atau aluminium foil untuk menampung uap yang menetes lalu pasang tutup panci. Masak dengan api yang sangat kecil sampai sekitar 90 atau 120 menit, hingga kacang merah itu menjadi lembut. Sesekali pastikan kacang merah itu selalu terendam air. Jika tidak tambahkan air.
  4. Saat kacang merah tadi sudah lembut lalu kurangi airnya (tinggi air yang tersisa harus sekitar 5 milimeter di bawah permukaan air sebelumnya). Tambahkan gula dan garam, masak selama 5 menit lagi dengan api kecil, lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil.
  5. Potong mochi hingga seukuran satu gigitan dan panggang di atas panci. Saat mochi itu mulai lembut, pindahkan ke kacang merah yang direbus tadi.

Dorayaki – yang dibuat dari sisa Zenzai

Bahan (Untuk 4 Porsi)

Untuk Isi kacang merah manis

  • Setengah bagian sisa zenzai
  • 50 gram gula

Untuk Kue Dadar

  • 60 gram tepung biasa
  • 1 sendok teh (3 gram) baking powder
  • Sejumput garam
  • 1 buah telur
  • 2 sendok makan gula (18 gram)
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan (15 ml) air panas
  • Sedikit minyak goreng

Cara Memasak

  1. Masukkan zenzai dan gula ke dalam panci dan masak hingga menjadi adonan. Pastikan kacang yang direbus itu tidak hangus.
  2. Campurkan tepung, baking powder dan garam lalu diayak. Campurkan air panas dengan madu, aduk hingga rata dan diamkan sampai dingin.
  3. Masukkan telur dalam mangkuk, tambahkan gula lalu masukkan mangkuk dalam air panas. Kocok telur secara merata selama 3 hingga 4 menit sampai warnanya memutih.
  4. Hasil kocokan di tahap 3 kemudian ditambahi madu yang dibuat di tahap 2, disusul dengan campuran tepung yang juga disiapkan di tahap 2. Ini untuk membuat adonan kue dadar. Panaskan wajan, berikan lapisan tipis minyak, lalu masukkan 1 sendok makan adonan untuk membuat dadar dengan diameter sekitar 6 hingga 7 sentimeter. Balik dadar agar kedua sisi matang. Dadar ini mudah hangus sehingga pastikan wajan tidak terlalu panas.
  5. Dinginkan dadar, tumpukkan satu pasang dadar dan berikan adonan kacang merah disela-selanya.

Kue-kue Manis Ala Jepang

Kue-kue manis ala Jepang dikenal dengan nama “Wagashi”. Kue-kue ini dianggap sehat, berkadar gula rendah lemak, dan kebanyakan dibuat dari bahan sayuran seperti kacang merah, biji-bijian dan gula. 
Salah satu bahan penting untuk kue-kue khas Jepang ini adalah adonan manis yang kebanyakan terbuat dari kacang merah. Adonan-adonan manis ini juga dapat dibuat dari bahan lain, seperti labu atau buah berangan, dan digunakan dengan berbagai cara dalam membuat kue-kue manis ala Jepang ini.

About ranianggita
I'm an ordinary girl. Sometimes I get so weird, I even freak myself out. Sometimes I can do anything to make me feel alive. because If I look, I will see, that this world is a beautiful ! ^_^ So, Let down your defences! Use no common sense! lol i want to be something different from another people. lol whatever with all people said about me. b'coz I can't become others. it's really annoying! XD i'm simple, don't care what will happen with all i did. i'm loyal. Yeah, that's true! i can't love more than one people. hmmmm... i love music. hehe.. b'coz, without music, this world is worse! And once again, i hate the rule! i know what i do. So please let me be free... Parents, you're my inspiration. without you, i can't live. ^^

Comments are closed.

%d bloggers like this: