Kasutera *Japanese Cake*

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・ 70 gram terigu
・ 2 butir telur
・ 50 gram gula
・ 2 sendok makan (30 ml) susu atau air
・ 2 sendok makan (30 ml) madu
・ Sedikit garam
Sediakan juga 1 sendok makan (13 gram) gula pasir untuk taburan di dasar cetakan kue.

 

   

Cara Memasak

  1. Buatlah cetakan kue dari kertas tebal berbentuk persegi panjang dengan ukuran 20 cm x 9 cm x 5cm. Lapisi cetakan seluruhnya menggunakan aluminium foil, lalu lapisi bagian dalamnya dengan kertas.
  2. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, kocok, lalu tambahkan gula. Tempatkan mangkuk itu ke dalam mangkuk yang lebih besar berisi air hangat (kira-kira 50°C),lalu kocok adonan secara merata. Tambahkan susu (atau air) dan madu ke dalam kocokan telur, lalu aduk rata.
  3. Tambahkan garam pada terigu, bagi menjadi 3 atau 4 bagian. Ayak terigu per bagian di atas adonan dan aduk menggunakan spatula kayu.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah disiapkan.
  5. Panggang selama sekitar 1 jam di rak bagian bawah oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 160°C. Tutup bagian atas cetakan dengan aluminium foil kalau bagian atas kue terlihat terlalu kecoklatan.

Sejara Kue Bolu Kasutera :

Kasutera adalah kue bolu ala Jepang dengan rasa yang gurih dari telurnya dan tekstur  yang lembut.

Kue ini bisa ditelusuri asal-usulnya dari kue bolu Portugis, pão-de-ló, dan sejenis kue bolu Spanyol, biscocho, yang dibawa ke Nagasaki pada pertengahan abad ke-16 oleh para misionaris dan pedagang dari Portugis dan Spanyol. Nama kasutera sendiri diduga kuat berasal dari Castilla (Kastilia), salah satu kerajaan lama Spanyol.

Kasutera awalnya adalah makanan khas Nagasaki, tapi sepertinya menjadi terkenal di seluruh Jepang bukan hanya sebagai penganan tetapi juga sebagai makanan bergizi untuk yang sakit. Kuenya lama-kelamaan diadaptasi hingga sesuai dengan selera orang Jepang. Kue bolu kasutera ini sekarang dijual di toko-toko. Kue ini populer sebagai makanan selingan atau kudapan dan bisa juga dibawa sebagai bingkisan ketika berkunjung atau diminta datang.

About ranianggita
I'm an ordinary girl. Sometimes I get so weird, I even freak myself out. Sometimes I can do anything to make me feel alive. because If I look, I will see, that this world is a beautiful ! ^_^ So, Let down your defences! Use no common sense! lol i want to be something different from another people. lol whatever with all people said about me. b'coz I can't become others. it's really annoying! XD i'm simple, don't care what will happen with all i did. i'm loyal. Yeah, that's true! i can't love more than one people. hmmmm... i love music. hehe.. b'coz, without music, this world is worse! And once again, i hate the rule! i know what i do. So please let me be free... Parents, you're my inspiration. without you, i can't live. ^^

Comments are closed.

%d bloggers like this: