Makizushi *Japanese Food*

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Sushimeshi (nasi cuka) untuk 2 gulung (450 gram)
・ 250 ml beras
・ 275 ml air
Bumbu untuk nasi:
・ 2 sendok makan (30 ml) cuka beras
・ 1½ sendok makan gula
・ ¾ sendok teh (3 gram) garam

Tamagoyaki atau telur dadar ala Jepang
・2 butir telur (berat 120 gram)
Bumbu:
1 sendok makan (9 gram) gula
1 sendok teh (5 ml) kecap asin
Sedikit garam
1 sendok makan (15 ml) air
・1 sendok teh minyak sayur

Jamur Shiitake Rebus
・ 9 jamur shiitake kering ukuran kecil (berat total 15 gram)
・ 1 gelas (200 ml) air
Bumbu:
1 sendok makan (9 gram) gula
1 sendok makan (15 ml) kecap asin

Udang Rebus
・6 ekor udang (berat masing-masing sekitar 16 gram, tanpa kepala, tapi masih dengan cangkang; atau bisa pula menggunakan 4 ekor udang ukuran besar)
・1 gelas air
・1 sendok teh (4 gram) garam

Mentimun
・ ½ mentimun kecil (berat 50 gram)
・ Sedikit garam

Siapkan juga 2 lembar rumput laut nori.

Cara Memasak

  1. Cuci beras, ganti airnya sebanyak 2-3 kali; tiriskan pada saringan atau wadah berlubang.
  2. Rendam beras dalam air selama 30 menit.
  3. Masukkan beras ke dalam panci bertutup dan biarkan mendidih dengan api sedang. Kecilkan api dan masak selama 12 menit. Angkat panci dari kompor, tetapi biarkan panci dalam keadaan tertutup selama 10 menit.
  4. Campurkan bumbu untuk nasi. Hangatkan bahan campuran tadi, jika gulanya tidak bisa larut.
  5. Tempatkan nasi yang matang dalam mangkuk besar dan segera aduk dengan cuka yang telah dibumbui.
  6. Untuk membuat Tamagoyaki, pecahkan telur ke dalam mangkuk lalu tambahkan bumbu. Panaskan minyak sayur pada penggorengan kecil di atas api sedang. Masukkan kocokan telur dan gerak-gerakkan penggorengan agar lapisan telur merata hingga setengah matang; lipat telur dadar tadi ke salah satu sisi penggorengan dan masak hingga matang di atas api kecil. Angkat lalu potong-potong dengan tebal 1 cm.
  7. Rendam jamur shiitake dalam air hingga mengembang. Buang bagian pangkalnya dan rebus dengan segelas air pada panci bertutup selama 10 menit di atas api kecil. Tambahkan bumbu. Kurangi air hingga berubah menjadi cairan yang mengental. Biarkan jamur hingga dingin di dalam cairan bumbu. Peras jamur untuk mengeluarkan kelebihan kandungan airnya lalu iris tipis.
  8. Bersihkan bagian punggung udang lalu masukkan tusukan bambu (atau tusuk gigi) di sepanjang tubuh udang. Rebus di atas api kecil pada panci bertutup selama 2-3 menit, dengan segelas air yang telah diberi 1 sendok teh garam. Biarkan udang dingin pada air rebusan. Keluarkan tusukannya lalu kuliti udang.
  9. Potong mentimun secara memanjang dengan ketebalan 1 sentimeter; taburi garam lalu tiriskan untuk mengeluarkan kandungan air yang berlebih.
  10. Bagi nasi yang telah diberi cuka menjadi dua bagian. Letakkan selembar nori di atas makisu (alas bambu kecil untuk membuat sushi gulung). Ratakan satu bagian nasi di atas lembaran nori, tapi kosongkan 4 cm dari bagian ujung bawahnya.
  11. Letakkan bahan-bahan isi di sepanjang bagian tengah nasi. Angkat bagian ujung atas makisu dan sambil jari-jari tangan menahan bahan isi, satukan dengan ujung nasi lainnya. Bentuklah menjadi gulungan yang relatif padat. Sempurnakan dengan menggulungnya pada sisa 4 cm lembaran nori, yang nantinya akan jatuh di bagian bawah gulungan. Potong-potong dengan ketebalan 2,5 cm.

About ranianggita
I'm an ordinary girl. Sometimes I get so weird, I even freak myself out. Sometimes I can do anything to make me feel alive. because If I look, I will see, that this world is a beautiful ! ^_^ So, Let down your defences! Use no common sense! lol i want to be something different from another people. lol whatever with all people said about me. b'coz I can't become others. it's really annoying! XD i'm simple, don't care what will happen with all i did. i'm loyal. Yeah, that's true! i can't love more than one people. hmmmm... i love music. hehe.. b'coz, without music, this world is worse! And once again, i hate the rule! i know what i do. So please let me be free... Parents, you're my inspiration. without you, i can't live. ^^

Comments are closed.

%d bloggers like this: