Tips-tips Dasar untuk Cosplayer Baru dan Teman-teman yang Berminat Cosplay

 

Konnichiwa! Minna-san genki?

Kali ini saya akan berbagi tips buat para cosplayer yang tergolong baru dan teman2 yang baru mau bercosplay. Namun sebelum itu, tentu kita perlu tahu dulu; sebenarnya definisi atau arti COSPLAY itu apa ya?

Menurut Wikipedia (saya terjemahkan dengan kata2 yang lebih mudah dimengerti dan saya tambahkan kata2 versi saya agar mudah dimengerti juga):
Cosplay (コスプレ, kosupure), kependekan dari “costume play” adalah suatu tipe seni performance/pertunjukan di mana pesertanya (disebut Cosplayer) memakai kostum dan aksesori untuk merepresentasikan karakter tertentu. Karakter-karakter tersebut paling sering berdasarkan dari karakter-karakter Jepang (misalnya Naruto, SailorMoon, Doraemon, Bleach, dan sebagainya), Namun tidak jarang juga, karakter-karakter itu berasal dari kartun/komik/film Amerika (Hollywood) bahkan karakter fiksi ilmiah. Singkatnya, bisa berasal dari karakter apapun; baik itu dari dunia animasi, kartun, komik, manga, manhwa, film, game, virtual, graphic novel, dan sebagainya.

Istilah Cosplayer sendiri merupakan sebutan untuk orang-orang yang bercosplay.

Cosplay di Indonesia terbagi dalam beberapa kategori berdasarkan sumber karakter yang di-cosplaykan:

  • Kategori anime, manga, manhwa: ini tentu sudah jelas. Cosplay dengan kategori ini memakai karakter dari anime Jepang dan manga (komik Jepang). Misalnya: Naruto Uzumaki dari manga Naruto, atau Nobita Nobi dari anime Doraemon, atau bahkan Gundam Exia dari anime Gundam 00. Contoh manhwa adalah Tiger Wong, Tapak Sakti, dll.
  • Kategori game: merupakan Cosplay yang memakai karakter dari game-game console apapun. Misalnya: Cloud Strife dari game Final Fantasy VII, atau Mishima Kazuya dari game Tekken.
  • Kategori Tokusatsu: merupakan cosplay dengan memakai karakter dari serial Tokusatsu. Yang termasuk di dalam ini adalah dari serial Kamen Rider, Ultraman, Sentai (Power Ranger termasuk di dalamnya),  Gavan, Sharivan, dan sebagainya
  • Kategori US Cosplay: merupakan cosplay dengan memakai karakter dari superhero US seperti Iron Man, Wonder Woman, Superman, Robocop, dan sebagainya.
  • Kategori lain: yang termasuk dalam kategori ini bisa saja dari film, novel, dan sebagainya. Misalnya Jack Sparrow dari film Pirates of the Caribean
  • Kategori original: sebenarnya kategori ini hanya ada di Indonesia. Kita bisa saja punya ide untuk membuat character ciptaan kita sendiri. Kita gambar, kita tentukan sifat-sifat si karakter tsb, lalu kita cosplaykan.

Apakah kata-kata di atas terlalu sulit dimengerti? Hmm…kalau begitu kita ambil contoh konkret saja. Misalnya nih, saya suka banget sama karakter Sailor Moon dari manga/komik Sailor Moon. Lalu saya ingin “menjadi” dia di dunia nyata. Maka, saya buat kostumnya, saya style wig-nya. Lalu saya pakai dan saya berpose, berbicara, berekspresi serta berjalan seperti Sailor Moon. Nah, itulah Cosplay!
Keasyikkan utama dalam Cosplay itu sendiri adalah: kita dapat merealisasikan karakter yang kita sukai ke dunia nyata. Keasyikkan lainnya adalah kita dapat memiliki banyak teman dengan hobi yang serupa dengan kita.

Naaah, untuk teman-teman yang baru mau mulai bercosplay ataupun yang tergolong baru, ada beberapa tips untuk teman-teman semua agar bisa bercosplay dengan nyaman dan yg paling penting hepi! Mungkin saya bentuk dengan Q&A (Question&Answers) agar lebih enak dibaca.

Q: Saya ingin bercosplay, bagaimana caranya?
A: Mudah! Hal pertama yang terpenting adalah pilih karakter apa yang kita sukai. Bisa dari manapun. Cobalah tentukan dulu; kira-kira kita suka komik/ film/ graphic novel/ anime atau  kartun superhero apa. Lalu tentukan karakter kesukaan kita dari situ

 

Q: Apa kira-kira saya cocok dengan karakter yang ingin saya Cosplay-kan?
A: Itu tergantung karakter yang kita pilih. Sebaiknya kita memilih karakter yang secara fisik cukup cocok dengan fisik kita dan tidak terlalu jauh dengan bentuk tubuh kita. Apalagi kalo kita suka dan sanggup memainkan “peran maupun sifat” dari si karakter tersebut. Tidak perlu terlalu sempurna. Ingat aja, bahwa dalam dunia fantasi, hampir semua karakter tersebut pasti memiliki tubuh yang sempurna; bahkan nyaris mustahil ada di dunia nyata. Jadi, nggak usah terlalu memaksakan diri sendiri supaya bisa se-sempurna karakter fantasi tersebut. Yang penting: kita bisa menjiwai karakter tersebut dengan baik dan kondisi fisik maupun wajahnya cukup cocok (atau setidaknya mendekati) dengan fisik kita.

Jangan ragu-ragu untuk menanyakan ke teman-teman Cosplayer lain; apakah kira-kira kita cocok dengan karakter tersebut atau tidak.

 

Q: Wah…kok kostum karakternya susah sekali! Bagaimana ini?
A: Untuk awal-awal, tidak ada salahnya kita mencoba karakter dengan kostum yang tergolong simple. Asalkan detil kostum tepat apalagi ditambah dengan menjiwai sifat-sifat si karakter, maka “hiduplah” si karakter tersebut. Kostum simple namun rapi dan baik, disertai dengan wig yang tepat juga bisa terlihat sangat bagus kok. Kemudian, untuk kostum selanjutnya dan selanjutnya lagi, kita bisa memilih karakter dengan kostum yang sedikit demi sedikit lebih kompleks dan sulit. Dan kita juga bisa belajar untuk membuat aksesori/pernak pernik kostum kita.

Lakukan semuanya secara bertahap dengan sabar, Namanya juga belajar, pasti semua butuh proses. Nggak mungkin kita sendiri bisa langsung membuat kostum yang sulit secara instan!

 

Q: Saya ga bisa jahit. Tapi saya ingin buat kostum. Bagaimana ya?
A: Ada banyak cara untuk membuat kostum. Pertama, beli bahannya dan minta tolong ke penjahit untuk membuat kostumnya. Jelaskan dengan baik dan teliti ke penjahit (karena penjahit biasa umumnya tidak mengerti Cosplay. Di mata para penjahit tsb, kostum Cosplay hampir selalu kelihatan “nggak normal”). Makanya, jangan lupa bawa gambar karaktermu ke penjahit tersebut).

Kita juga bisa memesan kostum ke pembuat kostum khusus Cosplay. Sebutan untuk mereka adalah Costume-maker. Sekarang sudah ada teman-teman cosplayer kita yang juga berprofesi sebagai costume-maker.

 

Q: Rambut karakternya berwarna ungu! Saya cat rambut saya sendiri, atau beli wig?
A: Sebaiknya beli wig. Karena dengan wig, penampilan kita dalam bercosplay lebih rapi, akurat dan kita tidak perlu repot-repot pergi ke salon buat mengecat rambut kita. Lagipula, warna wig lebih bagus daripada warna rambut sendiri (yang dicat). Kecuali bila karakter tersebut mempunya warna rambut dan model yang memungkinkan bagi kita untuk memakai rambut asli sendiri.

Bingung gimana caranya styling wig? Kita bisa pergi ke salon untuk minta tolong styling atau minta tolong ke jasa Wig-stylist. Wig-stylist adalah sebutan untuk orang yang mengerjakan styling wig. Sudah ada juga beberapa teman-teman Cosplayer kita yang membuka jasa Wig-styling.

 

Q: Bagaimana dengan wajah saya, polos atau make-up?
A: Hampir semua karakter nampak sederhana, natural dan tanpa make-up. Tapi jangan lupa, untuk tampak natural pun kita perlu make-up. Apalagi bila kita menggunakan wig yang berwarna cerah. Make-up sangat perlu untuk membuat wajah kita cerah dan tidak “tenggelam” dalam warna wig. Perlu diingat bahwa untuk tampak cerah dan natural di foto pun kita perlu make-up. Jangan ragu untuk bertanya tentang bagaimana cara make-up Cosplay yang baik ke teman-teman Cosplayer kalian yang lebih berpengalaman.

 

Q: Wah…warna mata karakter saya biru, sedangkan mata saya berwarna coklat tua, bagaimana ini?
A: Tidak perlu kuatir. Sekarang pun banyak yang menjual softlens berwarna dengan berbagai merk dan warna. Bahkan yang bentuknya unik sekalipun (contoh: Sharigan-nya Uchiha Itachi dari Naruto).  Ada juga teman-teman Cosplayer yang menjual produk softlens berwarna untuk cosplay, baik yang berminus maupun tidak.

Namun kita juga perlu hati-hati. Apabila mata kita sensitif terhadap soft-lens, sebaiknya kita tidak perlu memaksakan diri untuk memakai soft-lens.

 

Q: Apa bedanya Cosplay dengan Fashion show?
A: Yang membedakan Cosplay dari Fashion Show adalah ada KARAKTER yang kita mainkan. Dalam Cosplay, selain kita memakai kostum suatu karakter, kita juga “memainkan jiwa” dari karakter tersebut. Kita “menjadi” karakter tersebut. Sementara dalam Fashion Show tidak. Misalnya bila kita Cosplay Sailor Moon; maka ekspresi, cara berjalan, cara bicara, gerak gerik dan pose kita pun harus seperti Sailor Moon

 

Q: Lalu bagaimana dengan Harajuku, Maid, Gothic atau Lolita? Apakah itu Cosplay?
A: Sebenarnya, Harajuku, Gothic, Maid ataupun Lolita kurang tepat disebut sebagai Cosplay. Karena dalam Cosplay kita tidak hanya sekedar berkostum, tapi juga memainkan peran karakter tertentu. Kecuali bila karakter tersebut memang berpakaian seperti Harajuku, Gothic, Maid, atau Lolita style (contoh karakter dengan pakaian Gothic style adalah Misamisa dari manga Death Note). Kalau hanya berpakaian Harajuku, Maid, Gothic atau Lolita style TANPA memerankan suatu karakter yang spesifik (berkostum tanpa berdasarkan suatu karakter), itu lebih tepat disebut sebagai COSWEAR atau COSTUMING atau POP  STREETSTYLE. Bahkan bisa disebut sebagai bagian dari FASHION biasa.

Tapi bukan berarti kita tidak boleh datang ke suatu acara Cosplay dengan hanya Coswear/Costuming. Tentu saja boleh.

 

Q: Saya ingin datang ke event/acara Cosplay. Bagaimana caranya?
A: Kini ada banyak sekali acara Cosplay. Bahkan mungkin setiap minggu ada. Pemberitahuan tentang event-event/acara-acara cosplay sekarang dapat dengan mudah kita lihat di Facebook. Teman-teman juga bisa mencari info tentang acara-acara Cosplay di website ini. Atau bisa juga teman-teman bertanya ke teman-teman cosplayer lain yang tahu.

 

Q: Saya ingin ikut lomba Cosplay. Bagaimana caranya?
A: Biasanya di pemberitahuan tentang acara-acara Cosplay, terdapat informasi tentang cara mendaftar sebagai peserta lomba Cosplay, berikut dengan biaya pendaftaran dan kategori Cosplay apa saja yang dilombakan. Atau kita bisa tanya ke Contact Person/CP yang terdaftar di pemberitahuan tersebut.

 

Q: Saya ingin datang saja nonton tanpa ikut lomba. Apakah boleh?
A: Tentu saja boleh! Banyak juga Cosplayer yang datang ke acara Cosplay dengan berkostum untuk sekedar ikut meramaikan acara atau sekedar kumpul-kumpul bareng dengan teman-teman Cosplayer lain. Bahkan ada juga yang tujuannya sekedar ingin berkenalan dengan teman-teman Cosplayer baru.

 

Q: Phoses/Fotoses itu apa?
A: Itu adalah singkatan dari Photosession, atau kadang disebut Photoshoot. Kegiatan itu adalah: satu orang Cosplayer atau lebih; berfoto-foto di suatu lokasi untuk membuat album foto. Umumnya, hampir selalu foto-foto itu untuk koleksi pribadi (biasanya untuk portofolio) atau untuk kepuasan pribadi. Kadang, Cosplayer-cosplayer yang meng-cosplaykan beberapa karakter dari suatu anime/manga/dsb yang sama, berkumpul, lalu pergi ke suatu lokasi yang sesuai dengan latar tema ceritanya untuk berfoto-foto.

 

Q: Bagaimana cara menjadi Cosplayer yang baik?
A: Ini akan saya bahas di artikel selanjutnya, tentang Tips Attitude Cosplayer

 

Q: Mengapa para Cosplayer yang sudah duluan Cosplay tersebut tidak mau meminjamkan atau menyewakan kostumnya ke kita?
A: Ada banyak alasannya. Salah satunya adalah karena kostum yang mereka buat selalu disesuaikan dengan ukuran tubuh mereka. Sehingga, bila dipinjamkan atau disewakan, kasihan ke yang meminjam/menyewa. Bisa-bisa ukurannya tidak cocok.
Selain itu, mungkin mereka pernah punya pengalaman pahit. Misalnya: setelah dipinjamkan, ternyata kostum tersebut malah jadi rusak karena tidak dirawat oleh si peminjam/penyewa dengan baik atau bahkan ada yang sampai hilang.

 

Q: Hmm….saya masih kurang mengerti tentang Cosplay dan cara buat kostum… Apa yang harus saya lakukan?
A: Simpel saja, jawabannya: Banyak bertanya. Banyak teman yang sudah berpengalaman Cosplay lebih duluan dari kita. Tentunya mereka sudah banyak pengalaman tentang apa itu Cosplay, bagaimana cara membuat kostum, dari bahan apa, beli wig di mana, dan sebagainya. Jangan sungkan bertanya. Malu bertanya, sesat di jalan. Perlu diingat juga bahwa sekarang ini cukup banyak oknum-oknum penipu berkedok “costume-maker” atau “props maker”, tapi pada kenyataannya membawa lari uang kita tanpa menyelesaikan pesanan kita. Makanya, kita perlu banyak bertanya ke teman-teman Cosplayer yang lebih berpengalaman untuk mendapat info tentang siapa saja costume-maker yang bisa dipercaya dan benar-benar profesional.

Namun jangan lupa untuk bertanya dengan sopan dan memperkenalkan diri lebih dulu. Soalnya banyak Cosplayer yang lebih berpengalaman; yang usianya lebih tua dari kita. Bila kita sopan dan bertanya dengan baik (tidak nyeleneh atau mengolok-olok) saya yakin, pasti teman-teman akan disambut dengan baik dan pertanyaan-pertanyaan kalian akan dijawab dengan baik pula.

 

Sekian dulu, semoga bermanfaat!

About ranianggita
I'm an ordinary girl. Sometimes I get so weird, I even freak myself out. Sometimes I can do anything to make me feel alive. because If I look, I will see, that this world is a beautiful ! ^_^ So, Let down your defences! Use no common sense! lol i want to be something different from another people. lol whatever with all people said about me. b'coz I can't become others. it's really annoying! XD i'm simple, don't care what will happen with all i did. i'm loyal. Yeah, that's true! i can't love more than one people. hmmmm... i love music. hehe.. b'coz, without music, this world is worse! And once again, i hate the rule! i know what i do. So please let me be free... Parents, you're my inspiration. without you, i can't live. ^^

Comments are closed.

%d bloggers like this: